Friday, 18 August 2017 05:00:04

10+ Model Kebaya Pengantin Khas Jawa Modern Terpopuler 2017

10+ model kebaya pengantin khas jawa (muslim, beludru dan klasik) - Kebaya merupakan busana tradisional asli Indonesia yang telah diwariskan secara turun temurun. Kebaya dianggap sebagai fashion sepanjang zaman karena kemampuannya beradaptasi dengan berbagai era dan mode berpakaian. Kebaya sangat pantas dipakai untuk menemani acara-acara resmi seorang wanita, seperti pertemuan, rapat, hingga pernikahan.

Salah satu keunggulan kebaya adalah potongannya yang dapat disesuaikan dengan bentuk tubuh wanita yang akan mengenakannya. Kebaya cocok dipakai oleh hampir semua wanita, tak peduli ukuran tubuh, tinggi badan, maupun warna kulit. Karena alasan-alasan ini, kebaya menjadi salah satu pilihan favorit pengantin saat melakoni upacara pernikahan mereka.

Model Kebaya Pengantin Beludru

Model Kebaya Pengantin Muslim Beludru

Kebaya berasal dari tanah Jawa dan Bali, sehingga perempuan-perempuan dari suku Jawa, Sunda, Betawi, Madura, dan Bali sudah akrab dengan busana yang satu ini. Kebaya pengantin Jawa sendiri boleh dikatakan legenda, karena pada zaman dulu, hampir seluruh pengantin yang melaksanakan pernikahan di tanah Jawa selalu mengenakan pakaian ini, mulai dari ujung barat Jawa Tengah sampai ujung timur Jawa Timur.

Sudah bukan rahasia lagi jika model kebaya pengantin Jawa sampai hari ini masih diminati, terutama kebaya pengantin klasik dan kebaya pengantin kuno yang terbuat dari beludru. Menyesuaikan dengan perkembangan zaman, saat ini kebaya ala Jawa banyak diadopsi menjadi kebaya pengantin muslim untuk mereka yang ingin menjunjung nilai tradisionalitas tanpa harus melepaskan hijab.

Model Kebaya Pengantin Beludru Khas Jawa

Bicara tentang kebaya pengantin Jawa, yang pertama terlintas dalam pikiran adalah setelan pengantin warna hitam kombinasi emas yang kerap dipakai oleh pengantin-pengantin tempo dulu. Kebaya pengantin ini terbuat dari beludru dan jadi opsi wajib bagi pengantin yang ingin benar-benar “terlihat” Jawa.

Contoh Baju Kebaya Pengantin Jawa Bludru

Contoh Baju Kebaya Pengantin Jawa Bludru

Potongan kebaya pengantin Jawa berbahan beludru boleh dikatakan sangat sederhana. Kebaya beludru Jawa ditandai dengan warna khasnya yakni dominasi hitam, yang dikombinasikan dengan hiasan rimpel di sepanjang pinggiran jahitan berwarna emas. Hiasan ini biasanya juga ditemukan pada pergelangan tangan dan bahu.

Kebaya pengantin Jawa beludru biasanya sangat panjang, melebihi mata kaki. Kebaya ini kebanyakan tidak memiliki kancing pada bagian depannya. Sebagai gantinya, mempelai wanita mengenakan semacam kemben, yakni busana yang berpotongan sampai batas dada dan biasanya sekaligus berfungsi sebagai rok. Kemben ini juga berwarna hitam dengan sulaman emas di bagian atasnya.

Model Kebaya Pengantin Bludru Khas Jawa

Model Kebaya Pengantin Bludru Khas Jawa

Jika kemben yang dikenakan cukup pendek dan tidak berfungsi sebagai rok, maka pengantin wanita akan mengenakan bawahan secara terpisah. Bawahan ini biasanya berupa kain bercorak batik tradisional, berwarna coklat muda atau mendekati warna emas. Mempelai pria dan wanita akan memakai bawahan yang seragam.

Terakhir, kebaya pengantin Jawa akan terlihat lengkap jika sang mempelai pria mengenakan hiasan kepala seperti blangkon atau mahkota Jawa berbentuk songkok. Blangkon sebaiknya bercorak persis seperti bawahan pengantin, sedangkan mahkota songkok biasanya berwarna hitam dengan hiasan emas.

Model Kebaya Pengantin Muslim Khas Jawa

Berbeda dengan kebaya pengantin Jawa dari beludru, kebaya pengantin muslim khas Jawa lebih bersifat modern dan inovatif. Warnanya pun tidak sebatas hitam dan emas. Anda bisa memilih warna apa yang paling disukai oleh Anda dan pasangan.

Ciri khas kebaya pengantin muslim adalah modelnya yang menutup seluruh tubuh bagian atas, termasuk kedua lengan. Kebaya pengantin muslim juga nantinya dikombinasikan dengan hijab. Selain kedua hal ini, kebaya pengantin muslim tidak jauh berbeda dari kebaya pada umumnya.

Kebaya Pengantin Muslim Berhijab

Kebaya Pengantin Jawa Muslim Berhijab

Karena didesain untuk dikenakan pengantin muslim, umumnya kebaya muslim khas Jawa memilih warna-warna yang kalem dan tidak terlalu mencolok. Emas dan putih adalah dua warna yang paling banyak dipilih, karena selain melambangkan kesucian dan kemegahan, emas dan putih terlihat sangat elegan dikenakan oleh mempelai muslimah.

Model Kebaya Pengantin Muslim Modern Merah

Model Kebaya Pengantin Jawa Muslim Modern Merah

Selain emas dan putih, warna lain pada model kebaya yang kerap dipakai untuk kebaya pengantin muslim yakni merah marun, hijau, dan biru muda. Warna biru toska yang terlihat kalem pun banyak menjadi pilihan.

Untuk mendampingi kebaya pengantin muslim, sang mempelai pria tidak mengenakan blangkon atau mahkota songkok sebagai penutup kepala. Sebagai gantinya, mempelai pria memakai songkok asli atau peci berwarna senada dengan busana atasan pengantin.

Model Kebaya Pengantin Klasik Khas Jawa

Selain kebaya pengantin Jawa berbahan beludru dan bergaya muslim, ada juga kebaya pengantin Jawa beraksen klasik yang sekarang cukup jarang digunakan. Kebaya pengantin klasik khas Jawa mengadopsi dari upacara pernikahan ala keraton, dan biasanya, resepsi pernikahan yang mengiringi pun masih kental dengan adat Jawa.

Kebaya pengantin klasik khas Jawa ditandai dengan mempelai wanita yang mengenakan kemben sebagai busana atasan. Berbeda dengan kebaya beludru, kemben di sini tidak berfungsi sebagai dalaman, melainkan busana utama.

Kebaya Pengantin Klasik Namun Mewah

Kebaya Pengantin Jawa Klasik Namun Mewah

Kemben untuk pengantin wanita umumnya terbuat dari kain bercorak batik yang dipakai berlapis-lapis. Sang mempelai pria pun mengenakan semacam kemben yang menutupi sampai garis atas perut. Untuk gaya pengantin klasik ini, hiasan yang kebanyakan dipakai adalah sanggul untuk mempelai wanita dan mahkota untuk mempelai pria, lengkap dengan kalung, gelang, dan keris ala kerajaan.

Contoh Model Kebaya Pengantin Klasik Khas Jawa

Contoh Model Kebaya Pengantin Klasik Khas Jawa

Warna yang dipakai untuk busana pengantin klasik ini biasanya hanya satu, yakni coklat gelap yang kental dengan nuansa tradisional. Anda masih bisa mengkombinasikan coklat gelap dengan warna yang lebih terang, misalnya coklat muda atau emas.

Kebaya Pengantin Jawa Model Klasik

Kebaya Pengantin Jawa Model Klasik

Apapun model kebaya pengantin Jawa yang Anda pilih, sebaiknya konsultasikan lebih dulu dengan pasangan dan keluarga terdekat. Cocokkan juga busana pengantin Anda dengan konsep yang Anda usung saat pernikahan, entah itu tradisional, semi modern, maupun modern. Dengan memilih kebaya pengantin Jawa yang tepat, Anda dan pasangan akan terlihat semakin bersinar di hari yang penuh kenangan.

Model Kebaya Pengantin Akad Pernikahan Terbaru

Model Kebaya Pengantin Jawa untuk Akad Pernikahan Terbaru

Kebaya Pengantin Cantik dan Modis Model Terbaru

Kebaya Pengantin Jawa Model Terbaru: Cantik dan Modis

Pilihan Warna Modern untuk Kebaya Pengantin

Pilihan Warna Modern untuk Kebaya Pengantin Jawa

Advertisement
Contoh model kebaya pengantin khas jawa yang meliputi kebaya pengantin jawa bludru, kebaya pengantin jawa muslim dan kebaya pengantin jawa klasik yang bisa Anda jadikan referensi. Category: Kebaya Pengantin. Tagged with: , , .

Terms: kebaya klasik jawa, contoh kebaya kutu baru berwarna putih khas jawa, kebaya hitam 2017, kebaya pengantin beludru hitam, kebaya kutu baru satin warna hijau, baju pengantin muslimah blusdru, baju pengantin jawa, baju pengantin bludru hijau, warna baju pengantin batak yang untuk kulit sawo matang, baju kebaya syari untuk orang tua mempelai, model kebaya pengantin jawa terbaru, kebaya pengantin jawa bludru, kebaya pengantin jawa klasik, model kebaya pengantin jawa klasik, model kebaya pengantin jawa barat, model kebaya pengantin muslim adat jawa, model kebaya pengantin jawa modern, model kebaya pengantin jawa, model baju kebaya pengantin jawa, model kebaya pengantin jawa muslim, 10+ model kebaya pengantin khas jawa modern terpopuler 2017.

error: Content is protected !!